Witanduty's Blog

BUAT USAHA MELALUI INTERNET YUK..

bisnis_online

bisnis_online

Saat ini internet bukan lagi sebagai ajang jejaringan social saja. Banyak juga pelaku usaha yang meraup keuntungan besar dengan mendirikan took online di internet. Contoh kecilnya adalah Mokhamad Fahmi Fauzi salah satu member KASKUS yang sukses dalam system jual-beli online di dalam bidang penjualan pakaian, aksesoris, dan perlengkapan olah raga pada pertengahan tahun 2009. Prediksinya akan sukses diusaha took online pun terbukti dalam jangka waktu 7 bulan, dan kini Fahmi telah mampu meraup omset sebesar Rp 40.000.000,-/bulan.
Beberapa tahun terakhir ini bisnis online semakin marak dimana banyaknya factor-faktor pendukung seperti situs-situs jejaringan social, forum, web-blog, website pribadi, serta komunitas dunia maya lainnya. Berikut cara jitu untuk bisa sukses dalam bisnis online.

1. Rancangan bisnis dengan cermat
Pertimbangkan segala aspek seperti target pasar, kemampuan pesaing, sumber daya, resiko, dan perkembangan bisnis yang ingin anda jalankan bagaimana membangun loyalitas konsumen atau menjalin kemitraan strategis. Pakailah referensi yang memadai, dari internet atau buku yang mendukung usaha anda.

2. Temukan sasaran pasar spesifik
Ide yang brilian belum tentu menjadi sasaran pasar yang spesifik. Temukan celah pasar yang belum digarap pesaing. Jika anda bertarung dengan pemain besar, pastikan bisnis anda memiliki diferensiasi atau sesuatu yang berbeda yang bisa membuat konsumen lebih tertarik dengan produk anda.

3. Cari sumber keuangan
Ayo,, rencanakan dari mana anda mendapat modal sebagai sumber dana bisnis online. Mulai dari kumpulan uang anda pribadi atau patungan bersama teman-teman anda, dan mungkin pinjaman bank bisa jadi pilihan yang cukup baik, jangan lupa untuk membuat administrasi keuangan yang rapi sehingga arus keluar masuk tampak jelas.

4. Buat situs yang handal
Anda bisa memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mempromosikan barang dagangan anda. Namun jika berniat serius, belilah domain dan sewa perancang situs yang handal, dan pastikan situs anda tidak rumit agar memudahkan konsumen mengakses produk anda.

5. Promosi jitu
Tahap ini tidak kalah penting loh.. untuk mempromosikan produk dan membuat konsumen tertarik dengan barang anda tidaklah mudah, maka anda harus mempunyai trik jitu untuk mempromosikannya. Bisa dicoba berbagai macam metode, misalnya via GOOGLE AdWords dimana pengiklan hanya membayar sesuai jumlah pengakses situsnya, tidak lupa untuk manfaatkan email atau situs jejaringan untuk mempromosikan bisnis anda pada banyak orang.

6. Permudah transaksi konsumen
Mudahkan konsumen dalam bertransaksi dengan anda, serta aman dan pastikan identitas mereka tidak bocor dalam transaksi sehingga konsumen pun nyaman dan percaya.

7. Motivasi untuk maju terus
Butuh waktu agar bisnis berkembang, sebagai enterpeneur online, anda perlu energy, antusiasme, determinas, dan gairah untuk maju. Perlu disadari bahwa sukses besar di bisnis internet cukup langka. Namun jangan kecil hati karena cerita kesuksesan bisnis online sudah amat banyak, dan itu bisa membuat anda selalu bermotivasi dan smangat.

Selamat mencoba dan SEMOGA SUKSES.. AMIN!!

1 Response to "BUAT USAHA MELALUI INTERNET YUK.."

Tinggalkan komentar

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031