Witanduty's Blog

Cloud Computing Perpustakaan Pertanian

Cloud computing atau kompitasi awan ialah teknologi yang memanfaatkan layanan internet menggunakan pusat server yang bersifat virtual dengan tujuan pemeliharaan data dan aplikasi. Keberadaan komputasi awan jelas akan menimbulkan perubahan dalam cara kerja system teknologi informasi dalam sebuah organisasi. Hal ini karena komputasi awan melalui konsep virtualisasi, standarisasi dan fitur mendasar lainnya dapat mengurangi biaya Teknologi Informasi (TI).

Perkembangan hasil-hasil penelitian bidang pertanian di berbagai dunia semakin pesat. Hal ini dapat terlihat dari bertambahnya penemuan-penemuan baru yang muncul di bidang pertanian. Media publikasi baik tercetak maupun elektronis pus telah dimanfaatkan dalam upaya penyebaran informasi hasil penelitian tersebut. Saat ini keberadaan TI (Teknologi Informasi) telah mengubah perilaku pengguna dalam mencari dan memilih informasi yang mereka butuhkan. Pengguna membutuhkan kecepatan dan ketepatan akses dimana dan kapan saja melalui perangkat TI yang dimilikinya. Salah satu trend teknologi yang saat ini masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar TI dunia adalah Komputasi Awan (Cloud computing).

Konsep Cloud computing PUSTAKA ini tidak serta merta diterapkan begitu saja diperpustakaan. Penerapannya membutuhkan sesuatu perencanaan yang jelas dan matang jika konsep teknologi tersebut akan diadopsi. Berdasarkan potensi yang dimiliki dan konsep-konsep teori sebelumnya PUSTAKA perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengaplikasikan teknologi cloud computing antara lain :
Infrastruktur : PUSTAKA dapat melakukan penyewaan jaringan untuk akses internet. Dengan demikian perpustakaan UK/UPT dapat melakukan koneksi ke PUSTAKA dengan baik. Selain itu pula perlu direncanakan layanan DRC (Disaster Recovery Center) untuk mengantisipasi terjadinya gangguan pada pusat data.
Keamanan data : PUSTAKA harus dapat menjamin keamanan data dan informasi yang tersimpan dalam servernya. Hal ini penitng untuk menjaga kepercayaan para user dalam hal ini perpustakaan UK/UPT yang telah menyimpan data mereka.
Sumberdaya Manusia : PUSTAKA perlu menyiapkan SDM yang memiliki ketrampilan dan keahlian dalam bidang TI.

sumber : http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/43015/Akhmad%20Syaiku%20(Full%20Text).pdf?sequence=2

untuk download artikel klik disini

Tinggalkan komentar

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031