Witanduty's Blog

Mengenal EyeOS

EyeOS itu apa??

EyeOS merupakan Cloud Operating System, yaitu sebuah desktop yang dapat digunakan seluruhnya melalui web browser. EyeOS merupakan sistem operasi berbasis web (cloud computing) yang bersifat open source. EyeOS dibuat dengan menggunakan script PHP sehingga aplikasi ini bersifat multi platform dan dijalankan menggunakan web browser. OS tersebut termasuk office suite dan beberapa aplications kolaborasi, serta framework untuk mengembangkan aplikasi web baru seolah-olah mereka aplikasi desktop. Free dan Open Source – sehingga Anda dapat host sistem sendiri, menjaga semua data Anda di bawah kendali Anda seperti gambar dibawah :

cara akses EyeOS
cara akses EyeOS

EyeOS Secara Tekniknya

RIA (Rich Internet Applications) Framework

EyeOS bukan sekedar desktop web dengan aplikasinya sendiri, tetapi eyeOS dirancang dari awal untuk memungkinkan mudahnya pengembangan serta pembuatan aplikasi baru. EyeOS 2.0 adalah kerangka pembangunan yang sempurna untuk penciptaan aplikasi secara cepat dan mudah aplikasi. Ia telah sepenuhnya dikembangkan dengan open technology dan menerapkan standar seperti PHP, MySQL, JavaScript, Qooxdoo, log4php, PHPUnit, OpenOffice dan lain-lain, memungkinkan sistem berfungsi di server web umum tanpa modifikasi, dan menggunakan browser standar tanpa ada tambahan plug-in diinstal.

Open Source

Karena mengikuti model open development dengan publice SVN, control versi pengembangan dan track development project, maka untuk mengakses eyeOS code diperbolehkan,. Lebihlanjut, semua eyeOS code didokumentasikan sehingga anda dapat menggunakan dari hari pertama pengembangan eyeOS.

Develop Easily

EyeOS telah dirancang sebagai sistem yang benar-benar extensible sehingga siapa pun dapat membuat aplikasi yang menggunakan PHP dan JavaScript dan mengintegrasikannya ke dalam sistem. Model perangkat lunak bebas dan lisensi bebas berarti bahwa perangkat lunak dapat disesuaikan tanpa masalah.

EyeOS Technical Graph
EyeOS Technical Graph

OS ini meskipun bersifat cloud computing, juga memiliki fitur-fitur serta aplikasi yang tak kalah canggihnya seperti OS pada umumnya seperti fitur eyeOS yang dikhususkan untuk developer, pelajar dan public administrator. OS ini hadir dengan hanya berukuran sekitar 3,2 MB untuk yang digunakan di web server, atau untuk VirtualBox berukuran sekitar 707 MB. Berikut ini screenshot Desktop dari eyeOS:

Desktop EyeOS
Desktop EyeOS

eyeOS hadir dengan tiga pilihan tampilan, diantaranya, Classic, Default, eyeFusion dan Light Desktop, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini.

Bagi Anda yang ingin mencoba eyeOS silakan download klik disini dan untuk tutorialnya bisa di download klik disni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: